image1 image2 image3

HELLO I'M BRAMASTIO BEAVISTO|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|

Arti Penting Organisasi dan Metode



Organisasi

Organisasi dapat diartikan sebagai saebuah sistem yang terdiri dari sekelompok individu yang terbentuk melalui suatu hirarki sistematis dalam pembangunan kerja, untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara struktural dan sistematis.

Tujuan Organisasi

Tujuan organisasi secara umum merupakan keadaan atau tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi di waktu yang akan datang melalui kegiatan organisasi.Untuk dapat mencapai tujuan dalam organisasi, pelaku dalam organisasi diharapkan untuk mendesain ataupun memanage organisasinya dengan matang agar organisasi dapat berjalan dengan baik. 

Oleh karena itu, demi berjalan baiknya sebuah organisasi perlu diperhatikan beberapa prinsip organisasi berdasarkan Jati : 200, seperti berikut:

  • Perumusan tujuan yang jelas, sebab tujuan organisasi berfungsi untuk: pedoman ke arah mana organisasi akan di bawa, landasan bagi organisasi tersebut, menentukan macam aktifitas yang akan dilakukan, menentukan program, prosedur dan beberapa hal terkait dengan koordinasi, integrasi, simplikasi, sinkronisasi dan mekanisme.
  • Pembagian tugas dan pekerjaan (Job Discription).
  • Delegasi kekuasaan yang berarti pemimpin organisasi itu dipilih secara mufakat dan harus diikuti dengan adanya pertanggung jawaban.
  • Kesatuan perintah (one of command) dan tanggung jawab.
  • Prinsip Kepemimpinan. Dalam konteks kontemporal dari prinsip ini yang paling mengemuka ke permukaan adalah prinsip kepemimpinan yang berupa prinsip kolektif-kolegial, yaitu prinsip kebersamaan, mau mendengarkan dan menyelaraskan diri dengan nilai-nilai dari seluruh komponen organisasi, khususnya pada kepengurusan organisasi. Tingkat pengawasan, dengan diadakannya sebuah monitoring terhadap kinerja pelaku organisasi atau lebih familiar dengan sebutan oposisi
  
  • Tipe-Tipe Tujuan Organisasi
 
1. Tujuan Kemasyarakatan (Societal Goals)
2. Tujuan Keluaran (Output Goals) 

Contoh : Barang- barang konsumen, jasa-jasa bisnis, dll

3. Tujuan Sistem (System Goals)
4. Tujuan Produk (Product Goals)
5. Tujuan Turunan (Derived Goals)

Manfaat Organisasi


1. Tercapainya sebuah tujuan : Organisasi dibentuk dari tujuan-tujuan bersama yang berkaitan, maka pencapaian tujuan yang dilakukan oleh orang banyak atau dalam artian anggota sebuah kelompok lebih berpeluang untuk mencapai tujuan yang lebih maksimal dan efektif.

2. Melatih mental bicara di publik : mental berbicara didepan umum tidak setiap orang bisa peroleh dengan mudah, harus dengan pelatihan lama dan berkala. Sebuah organisasi, kelompok belajar, atau kelompok studi ilmiah bagi para mahasiswa adalah sebuah wadah yang tepat untuk pengembangan public speaking.

3. Mudah memecahkan masalah : karena dalam sebuah organisasi permasalahan adalah hal yang sangat sering terjadi, entah karena perbedaan pendapat atau permasalahan dalam segi fiskal sebuah kelompok. Pemecahan dari setiap permasalahan yang ada mengajarkan bagaimana harus bersikap dan menyikapi permasalahan yang ada dalam kehidupan masyarakat yang lebih kompleks dan majemuk.



Ciri-Ciri Organisasi
  • Organisasi bertambah besar
  • Pengolahan data semakin cepat
  • Penggunaan staf lebih intensif
  • Kecendrungan spesialisasi
  • Adanya prinsip-prinsip atau azas-azas organisasi
  • Unsur-unsur organisasi lebih lengkap


Pengalaman Dalam Berorganisasi

Sewaktu SMP saya pernah mengikuti organisasi OSIS di sekolah, saya mengkoordinir bidang olahraga disana. Hal itu sangat bermanfaat karena saya dapat menambah pengalaman saya dalam berorganisasi khususnya dalam OSIS. Disana saya tidak hanya hanya diajarkan bagaimana cara merambah dunia olahraga, namun juga melatih diri dalam berdiskusi, berorganisasi dengan setiap bidang yang lainnya agar terbentuk organisasi yang baik. Didalam berorganisasi, hal terpenting adalah harus ada komunikasi yang baik antar anggota baik sesama anggota OSIS dibidang olahraga maupun bidang lainnya. Serta dengan Ketua, Wakil Ketua OSIS. Sama halnya seperti organisasi lainnya yang mebutuhkan komunikasi baik antar anggotanya agar terciptanya tujuan bersama. Hal itu dimaksudkan agar menimbulkan kekompakan didalam organisasi OSIS itu sendiri. Tentunya ada sedikit beban yang saya dapatkan dalam menjalani peranan tersebut, namun hal itu dapat kita atasi jika setiap anggota bisa bekerja sama dengan baik dalam mencapai suatu tujuan.
Pengalaman dalam organisasi OSIS tersebut adalah salah satu contoh pengalaman yang saya dapatkan selama mengikuti organisasi, semoga dapat saya terapkan dalam organisasi di bidang yang lain.
Sumber :

http://permatasar.blogspot.com/2012/10/tujuan-organisasi.html

Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Pages