image1 image2 image3

HELLO I'M BRAMASTIO BEAVISTO|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|

Manusia dan Pandangan Hidup



Dalam menjalani hidupnya, manusia harus mempunyai sebuah pandangan hidup. Pandangan hidup itu sendiri harus mempunyai wawasan kedepan untuk medapatkan masa depan yang cerah nantinya. Pandangan hidup bersifat kodrati dan dapat diartikan sebagai pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, ataupun petunjuk hidup di dunia.

Pengertian Pandangan Hidup

Pandangan hidup adalah hasil pemikiran yang berawal dari pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pedoman ataupun pegangan berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempatnya yang bersifat kodrati atau dari sejak manusia tersebut dilahirkan.

Pendapat atau pertimbangan itu sendiri merupakan hasil dari pemikiran manusia berdasarkan pengalaman pada sejarah menurut waktu dan tempatnya. Dengan demikian pandangan hidup itu bukanlah timbul secara kebetulan atau dalam waktu yang singkat saja, melainkan melalui proses waktu yang lama dan terus menerus sehingga hasil pemikiran itu dapat diuji kebenarannya.

Hasil pemikiran itu juga bukan hasil dari suatu pemikiran yang asal tetapi yang dapat diterima oleh akal sehingga diakui kebenarannya dan hasilnya itu akan manusia terima sebagai pegangan, pedoman, arahan, atau petunjuk yang disebut pandangan hidup.

Pandangan hidup atau yang biasa disebut juga sebagai ideology mempunyai beberapa unsur, yang diantaranya :

·         Cita-cita
·         Kebajikan
·         Usaha
·         Kepercayaan

Dimana dari unsur-unsur tersebut dibuat pengertian sebagai berikut.

Cita-cita adalah suatu keinginan yang ingin dicapai dengan usaha dan keyakinan. 
Kebajikan adalah tujuan yang hendak dicapai, yaitu segala hal yang baik yang membuat manusia makmur, bahagia, damai, dan tentram. Usaha atau perjuangan adalah kerja keras yang dilandasi oleh keyakinan/kepercayaan dan keyakinan/kepercayaan diukur berdasarkan kemampuan akal, jasmani, dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Hubungan Kebudayaan dengan Pandangan Hidup

Manusia juga tentunya harus mempunyai pandangan hidup dalam hal kebudayaan, dimana pandangan hidup itu dapat menciptakan suatu wawasan atau pandangan bagi setiap orang didalam memajukan ataupun melestarikan budayanya.

Kesimpulan

Jadi, kesimpulannya adalah kita sebagai manusia harus mempunya wawasan atau pandangan hidup untuk mencapai suatu tujuan dan masa depan yang cerah.


Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Pages