image1 image2 image3

HELLO I'M BRAMASTIO BEAVISTO|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|

Ragam Bahasa Indonesia


Pengertian Ragam Bahasa

Bahasa adalah salah satu alat komunikasi. Melalui bahasa manusia dapat saling berhubungan atau berkomunikasi, saling berbagi pengalaman, saling belajar dari yang lain, dan meningkatkan kemampuan intelektual. Bahasa Indonesia memang banyak ragamnya, hal Ini karena bahasa Indonesia sangat luas pemakaiannya dan bermacam-macam ragam penuturnya. Ragam Bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian, yang berbeda-beda menurut topik yang dibicarakan, menurut hubungan pembicara, kawan bicara, orang yang dibicarakan, serta menurut medium pembicara (Bachman, 1990). Seiring dengan perkembangan zaman yang sekarang ini banyak masyarakat yang mengalami perubahan. Bahasa pun juga mengalami perubahan. Perubahan itu berupa variasi-variasi bahasa yang dipakai sesuai keperluannya.



Jenis-Jenis Ragam Bahasa Indonesia dan Contohnya


Berdasarkan pokok pembicaraan, ragam bahasa dibedakan antara lain atas:
§  Ragam bahasa undang-undang
§  Ragam bahasa jurnalistik
§  Ragam bahasa ilmiah
§  Ragam bahasa sastra

Berdasarkan media pembicaraan, ragam bahasa dibedakan atas:
1.     Ragam Lisan
Ragam bahasa lisan adalah bahan yang dihasilkan alat ucap (organ of speech) dengan fonem sebagai unsur dasar. Dalam ragam lisan, kita berurusan dengan tata bahasa, kosakata, dan lafal. Dalam ragam bahasa lisan ini, pembicara dapat memanfaatkan tinggi rendah suara atau tekanan, air muka, gerak tangan atau isyarat untuk mengungkapkan ide. Contoh ragam lisan antara lain meliputi :
§  Ragam bahasa cakapan
§  Ragam bahasa pidato
§  Ragam bahasa kuliah
§  Ragam bahasa panggung

2.     Ragam Tulis

Ragam bahasa tulis adalah bahasa yang dihasilkan dengan memanfaatkan tulisan dengan huruf sebagai unsur dasarnya. Dalam ragam tulis, kita berurusan dengan tata cara penulisan/ejaan yang disempurnakan di samping aspek tata bahasa dan kosa kata. Dalam ragam bahasa tulis, kita dituntut adanya kelengkapan unsur tata bahasa seperti bentuk kata ataupun susunan kalimat, ketepatan pilihan kata, dll. Contoh ragam lisan antara lain meliputi :
§  Ragam bahasa teknis
§  Ragam bahasa undang-undang
§  Ragam bahasa catatan
§  Ragam bahasa surat




RAGAM BAHASA LISAN DAN BAHASA TULIS

A.  RAGAM BAHASA LISAN

Ragam bahasa lisan adalah ragam bahasa yang diungkapkan melalui media lisan, yang terikat oleh ruang dan waktu sehingga situasi pengungkapan dapat membantu pemahaman.

MACAM RAGAM BAHASA LISAN
·         Ragam percakapan
·         Ragam pidato
·         Ragam kuliah
·         Ragam pentas

B.   RAGAM BAHASA TULIS
Ragam bahasa tulis adalah ragam bahasa yang dipergunakan melalui media tulis, yang tidak terikat oleh ruang dan waktu sehingga diperlukan kelengkapan struktur sampai kepada sasaran secara visual.

MACAM RAGAM BAHASA TULIS
·         Undang-undang
·         Ragam catatan
·         Ragam sastra
·         Ragam surat-menyurat



PERBEDAAN RAGAM BAHASA LISAN DAN RAGAM BAHASA TULIS



Ragam bahasa lisan berbeda dengan ragam bahasa tulis, jadi pada bahasa lisan dimaksudkan sebagai penyampaian langsung kita kepada sumber, dimana bahasa yang kita gunakan tidak harus terlalu baku.

Sedangkan, untuk ragam bahasa tulis yang dimana pada penyampaiannya kita tidak terlalu memerlukan kehadiran sumber dan dalam penyampaiannya kita dapat menggunakan bahasa indonesia yang baku.




DAFTAR PUSTAKA







Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Pages